SIDANG TERBUKA KARYA TULIS ILMIAH

 Menumbuhkan Budaya Literasi

Melalui Kegiatan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Sudah menjadi tradisi di SMAIT Adzkia, siswa kelas 12 harus membuat KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang merupakan salah satu syarat kelulusan. Bentuk KTI dapat berupa penelitian atau kajian pustaka, dengan topik menurut pilihan siswa sendiri sesuai passion masing-masing.

Dalam proses penyusunan KTI, setiap siswa didampingi oleh seorang guru pembimbing. Kepada guru pembimbing tersebut, siswa berkonsultasi baik hal teknis maupun isi. Kaidah penulisan KTI disesuaikan dengan standar umum penulisan karya ilmiah.

Bapak Asep Suryana, M.Pd.
Pengawas Pembina SMA IT Adzkia

Setelah penulisan KTI selesai, siswa diuji dalam sidang tertutup di hadapan dua orang guru penguji. Pada masa pandemi ini, sidang tertutup ‘terpaksa’ dilaksanakan secara online, via Zoom Meeting. Dalam sidang tertutup ini, siswa mempresentasikan isi KTI-nya melalui Power point yang ditayangkan pada layar Zoom.

Dari hasil penilaian sidang tertutup, dipilih 10 peserta terbaik. Kriteria penilaian meliputi performa presentasi, penguasaan materi, dan konten KTI serta PPt-nya. Ke-10 peserta terbaik itu kemudian diuji lagi dalam sebuah sidang terbuka, yang disaksikan oleh seluruh siswa SMAIT Adzkia.

Tahun 2021 ini, Ujian Sidang Terbuka KTI dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Februari. Acara ini dihadiri langsung oleh Pengawas SMA Tingkat Provinsi Wilayah V Jawa Barat, Bapak Asep Heryana, M.Pd. Beliau pun berkenan menjadi Tim Penguji. Selain itu, hadir pula Manager Pendidikan SIT Adzkia, Heti Mianawati, S.Pd., yang juga turut menjadi Tim Penguji.

Berikut para peserta Ujian Sidang Terbuka KTI 2021 beserta judul KTI-nya :

1.      A.Nisa Mutmainnah : Tingkat Gejala Sindrom Dispepsia dan Hubungannya dengan Konsentrasi Belajar Siswa SMAIT Adzkia

2.      Ahmad Arif Aulia Sutarman : Rancang Robot Pemindah Barang dengan Roda Mecanum Berbasis Arduino Mega

3.      Athifah Ritza Shafirah : Hubungan Antara Coping Stress dan Dukungan terhadap Motivasi Belajar Siswa Broken Home


4.      Aufa Salma Hanifa : Potensi Coconut Jerky dari Kelapa Muda sebagai Sumber Gizi Alternatif Pengganti Protein Hewani


5.      Azizah Nur Qolbi : Kebiasaan Buruk yang Dapat Merubah Bentuk Wajah

6.      Dina Mulyanti : Perkembangan Kebudayaan Kampung Adat Ciptagelar


7.      Malwa Kamilatunnada Syahid : Taghribi dalam Konsep Ghazwul Fikri


8.      Muhamad Fadzri : Kajian Historis Peralihan kekuasaan orde lama ke orde baru di indonesia


9.      Ryan Ezra Rifasya : Analisis Fakta Sejarah Penyerangan 9/11 dan Perang Asimetris AS ke Afghanistan dalam Film 12 Strong Karya Nicolai Fuglsig

10.  Zainab Durratus Syahidah : Menyelami Dunia Mimpi dengan Lucid Dreaming


Dalam sambutannya, Kepala SMAIT Adzkia, Rahmat Taufik, S.Pi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan para salafush shalih terdahulu. 

Rahmat Taufik, S.Pi.

Kepala SMA IT Adzkia

Yaitu kegiatan yang menghargai ilmu sedemikian rupa, sehingga tumbuh sikap ilmiah dalam menghadapi berbagai hal dalam kehidupan. Seperti yang diuraikan dalam KTI Azizah Nur Qolbi tentang kebiasaan buruk yang dapat mengubah bentuk wajah, terungkap betapa Maha Sempurnanya Allah dalam menciptakan makhluk. DitetapkanNya aturan-aturan yang apabila kita tidak mematuhinya, ternyata bisa mengakibatkan pergeseran atau perubahan bentuk wajah. Sebaliknya, jika kita senantiasa mengikuti apa yang telah digariskan Allah, maka kebaikan pun akan kita dapatkan.

Dengan kegiatan ini pun diharapkan budaya literasi semakin tumbuh dan berkembang. Seluruh siswa mampu mengamati, menganalisis, mengkaji suatu hal, lalu menuliskannya dalam sebuah karya tulis yang tersusun baik. Karya tulis ini kemudian disebarluaskan dan dibaca oleh khalayak dengan disimpan di perpustakaan sekolah. Sehingga ilmu pengetahuan ini tidak hanya menjadi konsumsi pribadi, namun dipublikasikan untuk umum. Semoga bermanfaat dan berkah bagi semua.

Written by : Linda Satibi, S.S.

Infor Terkait :

SIDANG TERTUTUP KTI SMA IT ADZKIA

  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url