Sidang Terbuka Karya Tulis Ilmiah Tahun 2018/2019

smaitadzkia.com | Rabu, 16 Januari 2019 bertempat di Ruang Kelas X.IPS dan X.IPA menjadi saksi atas terselenggaranya kegiatan Sidang Karya Tulis Ilmiah Kelas XII program IPA dan IPS sebagai salah satu syarat kelulusan untuk tahun ajaran 2018/2019.
Dimulai sejak bulan Oktober 2018, seluruh siswa/i SMA IT Adzkia mulai mengajukan judul penelitian yang akan mereka susun untuk dijadikan sebuah karya tulis ilmiah kepada masing-masing guru pembimbing yang telah dibagi berdasarkan hasil rapat dewan guru dan pimpinan sekolah.
Satu hal yang membedakan penyusunan karya tulis ilmiah tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah pada konten karya yang tidak hanya berupa karya tulis ilmiah saja, mereka ada yang menyusun studi literasi (makalah), menterjemahkan buku bahasa asing kedalam bahasa Indonesia sebanyak 300 halaman, penelitian sosial, penelitian sains dan teknologi. Sedangkan untuk tahun sebelumnya hanya fokus pada penelitian sosial saja. 

Bukan hanya itu, pada penelitian kali ini salah seorang peniliti, Effina Lukita (XII.IPA)membuat penelitian dengan judul Robot Pengikut Garis”. Ia tidak hanya membuat penelitian berupa karya tulis saja, tetapi ada produk yang dihasilkan yaitu Robot yang disusun dari sebuah rangkaian elektronik sederhana dan terbukti setelah diuji petik oleh tim penguji, memang berjalan pada koridor garis yang dibuat. Ini merupakan hal baru yang harus dikembangkan pada penelitian selanjutnya agar bisa menghasilkan karya-karya terbaik yang bernilai guna.
Adapun tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini ialah memberikan fasilitas kepada siswa/i untuk mengembangkan daya pengetahuan tanpa terkecuali, sehingga apa yang mereka teliti bisa dijadikan bahan masukan untuk sekolah sebagai sarana evaluasi dalam program-program selanjutnya. Selain itu, sebagai syarat kelulusan dari SMA IT Adzkia seluruh siswa/i diwajibkan menyusun sebuah karya tulis ilmiah baik penelitian sosial, sains dan teknologi, studi literasi (makalah) dan menterjemahkan buku bahasa asing kedalam Bahasa Indonesia. Tentunya hasil karya mereka akan dipublikasikan dalam even festival (adztion day) dan disimpan di perpustakaan sekolah untuk dijadikan referensi penelitian adik kelasnya di tahun yang akan datang.

Sebelum ketahap sidang terbuka, mereka terlebih dahulu harus menempuh serangkaian kegiatan untuk mendukung tahap akhir tersebut selama ± 4 bulan seperti pengajuan judul, konsultasi dengan guru pembimbing dari mulai pendahuluan sampai kesimpulan, mencari sumber referensi, sidang tertutup dan yang terbaik dari hasil sidang tertutup diambil 6 besar untuk diujikan di sidang terbuka yang dihadiri oleh seluruh pimpinan sekolah dan dewan guru, orang tua, seluruh adik kelas 10 dan 11 serta undangan lainnya.
Seluruh peneliti terbaik memaparkan hasil penelitiannya dan diuji petik oleh guru penguji di hadapan undangan yang hadir. Mereka menyampaikan ide dan gagasan hasil temuannya dengan sangat lugas, terperinci dan ilmiah sesuai dengan apa yang menjadi bahan penelitiannya masing-masing. Setiap peserta diberikan waktu untuk presentasi selama 15 menit dan waktu untuk menjawab pertanyaan dari setiap penguji adalah 10 menit, sehingga para kandidat diberi kesempatan untuk memaparkan hasil penelitiannya dalam waktu 25 menit lamanya.

Adapun susunan acara sidang terbuka karya tulis ilmiah tahun 2018/2019 ini adalah sebagai berikut :
1.       Pembukaan
2.       Pembacaan kalam Ilahi
3.       Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan Mars Adzkia
4.       Sambutan Kepala Sekolah
5.       Penyampaian Tata Terbit Sidang
6.       Penyampaian Hasil Penelitian masing-masing peserta
7.       Testimoni orangtua siswa
8.       Testimoni adik kelas yang menyaksikan
9.       Pemberian Sertifikat kepada Peneliti Terbaik
10.   Menyanyikan lagu daerah Pileuleuyan
11.   Doa
12.   Tutup
13.   Sesi photo bersama
Sedangkan untuk peserta terbaik ialah :
No.
Nama Peneliti
Kelas
Judul Penelitian/Sudi Literasi/Translate
1
Andina Zakia Zahra
XII.IPS
Propaganda Media Massa The White Helmet
2
Aulia Tsamrotul Fuadah
XII.IPS
Efektifitas Peran Perpustakaan SMA IT Adzkia Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa/i SMA IT Adzkia
3
Hanna Hanifa
XII.IPS
Analisis Peranan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Terhadap Siswa SMP IT Adzkia (Dalam Perspektif Alumni SMP IT Adzkia)
4
Effina Lukita Insan
XII.IPA
Robot Pengikut Garis
5
Indah Cikal Alghifari Oktaviani
XII.IPA
Unlimited Memory
6
Muhammad Gibran Yudasasmita
XII.IPA
Dampak Pornografi Terhadap Perilaku Siswa/i SMP X Kabupaten Sukabumi
Seluruh civitas SMA IT Adzkia mengucapkan “Selamat kepada seluruh siswa/i kelas XII yang telah menyelesaikan Tugas Akhir Penyusunan Karya Tulis Ilmiah” semoga ilmu dan dedikasi yag sudah dikorbankan bernilai guna buat agama, nusa dan bangsa. Amin yra…
Dokumentasi Sidang Terbuka Karya Tulis Ilmiah Tahun 2018/2019
Andina Zakia Zahra
 Aulia Tsamrotul Fuadah
Hanna Hanifa

Effina Lukita
Indah Cikal Alghifari Oktaviani

 Muhammad Gibran Yudasasmita
6 Peserta Peneliti Terbaik

Peserta Karya Tulis Ilmiah 

Team Penguji
Perwakilan Orangtua Siswa

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url