PRAKTIK BAHASA INGGRIS


Untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa asing (Inggris) maka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa tidak hanya dilakukan di dalam ruangan kelas semata (indoor)melainkan mereka harus mencoba mengaplikasikannya dalam kehidupan yang nyata, yaitu pembelajaran speaking langsung bersama orang asing secara terbuka (outdoor).
Oleh karena itu, para siswa diberikan tugas praktik bahasa Inggris berkomunikasi langsung bersama para turis yang berkunjung ke Indonesia, tepatnya di Kebun Raya Bogor.
Selain untuk mencoba keberanian mereka dalam berkomunikasi langsung bersama orang asing, tentunya mereka diharapkan memiliki pengalaman belajar dari para turis tersebut hingga akhirnya tumbuh rasa percaya diri untuk senantiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Dan Alhamdulillah pengalaman yang unik mereka dapatkan setelah berakhirnya kegiatan praktik bahasa Inggris tersebut.
Setelah berakhirnya kegiatan praktik bahasa tersebut, para siswa diwajibkan menyusun laporan perjalanan menggunakan bahasa Inggris tentunya. Selain itu mereka juga harus melampirkan bukti fisik laporan baik berupa softcopy photo dan video percakapan mereka bersama orang asing yang mereka temui, juga hardcopy sebagai laporan. Tidak hanya itu saja, mereka juga harus mempresentasikan pengalaman praktiknya di depan semua siswa dan guru untuk diberikan saran dan masukan buat praktik bahasa kedepannya.

Menurut Kepala SMA IT Adzkia (Ust. Rahmat Taufik, S.Pi.) kegiatan praktik bahasa ini akan terus dilakukan tidak hanya sekali, karena tujuan kami agar mengasah para siswa sampai sejauh mana mereka memahami dan menerapkan ilmu yang sudah diberikan di kelasnya masing-masing. Kedepan program ini akan terus kami lakukan. Boleh jadi guru bahasa Inggris yang kami miliki saat ini masih Local Teacher,tetapi dalam pengaplikasiannya mereka harus berkomunikasi langsung dengan native speaker. Demikian ujarnya…..(Mr. Khans/Red)

 
 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url